jump to navigation

Pemkab Kucurkan Rp 2,5 Miliar untuk Pelaksanaan Pilkada KBB Januari 4, 2008

Posted by padalarang in KBB (Kabupaten Bandung Barat).
trackback

PADALARANG, (GM).-
Pemkab Bandung siap mengucurkan bantuan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada Bandung Barat sebesar Rp 2,5 miliar. Bantuan ini akan segera ditransfer ke kas daerah Kab. Bandung Barat setelah APBD Kab. Bandung disahkan.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPRD Kab. Bandung, Drs. H. Agus Yasmin kepada wartawan di Kota Baru Parahyangan, Kec. Padalarang, Kamis (3/1).

“Pemkab Bandung sangat memahami betul apa yang diamanatkan UU 12/2007 tentang pembentukan Kab. Bandung Barat. Jelas sekali di sana disebutkan bahwa pembiayaan pilkada yang pertama didanai Pemprov Jabar dan Kab. Bandung. Tak mungkinlah induk melepaskan begitu saja,” kata Agus kepada wartawan.

Ia menilai anggaran sebesar Rp 2,5 miliar dari Kab. Bandung sudah mencukupi. Pasalnya, Pemprov Jabar sudah pula menyiapkan kucuran dana sebesar Rp 15 miliar. Belum termasuk bantuan sebelumnya yang sudah masuk kas daerah Kab. Bandung Barat sebesar Rp 2,54 miliar.

“Kalau ditotalkan sudah mencapai Rp 20 miliar. Saya nilai sudah cukup untuk mendanai sebuah pilkada yang digabungkan. Untuk pilkada tersendiri saja KPU Kab. Bandung menghitung biaya yang dibutuhkan Rp 25 miliar. Apalagi ini digabung, pasti jumlahnya lebih sedikit,” paparnya.

Berita sebelumnya, Pemprov Jabar telah menyiapkan dana hibah untuk Pilkada Bandung Barat dalam APBD 2008 sebesar Rp 15 miliar. Anggaran hibah ini memakai sistem anggaran kinerja. Bilamana ada sisa anggaran harus dikembalikan ke kas daerah Pemprov Jabar.

Dihubungi terpisah, Ketua KPU Kab. Bandung, M. Budiana memperkirakan anggaran untuk pilkada gabungan di bawah Rp 20 miliar. Namun, hingga sekarang KPU belum melakukan penghitungan untuk biaya Pilkada Bandung Barat yang digabungkan dengan pemilihan gubernur.

Terkait dengan belum dihitungnya kebutuhan anggaran pilkada gabungan, Budiana beralasan, untuk menghitungnya harus bersama-sama dengan Sekretariat KPU Kab. Bandung Barat. Hingga sekarang pembentukan KPU Kab. Bandung Barat menunggu pelantikan Sekjen KPU Pusat.

“Minggu depan KPU bersama Pemkab Bandung Barat dan DPRD Kab. Bandung Barat akan melakukan audiensi dengan KPU Pusat. Salah satunya menagih janji KPU Pusat, yang dulu pernah memberikan angin segar bahwa pembentukan Sekretariat KPU daerah hasil pemekaran setelah pelantikan Sekjen KPU Pusat,” paparnya.

Persiapan Pilkada Bandung Barat, menurut Budiana, tinggal menunggu penyelesaian hal-hal yang bersifat teknis. Salah satunya harus dibentuk dahulu Sekretariat KPU Kab. Bandung Barat. (B.104)**

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: