jump to navigation

Virus Baru Makin Perkasa, Anti Virus Makin Loyo Desember 27, 2007

Posted by padalarang in IT.
trackback
Fino Yurio Kristo – detikinet


ilustrasi (diolah/ist.)
Jerman – Aplikasi anti virus makin keteteran dalam menghadapi serbuan virus komputer jenis baru. Hal ini disimpulkan dalam sebuah studi yang dibesut oleh majalah komputer Jerman, C’t. Sebanyak 17 aplikasi anti virus terlibat dalam uji coba ini.

Dalam studi mereka yang akan dipublikasikan luas bulan Januari mendatang itu, majalah c’t menggelontorkan lebih dari sejuta virus yang telah teridentifikasi dan beredar dalam enam bulan terakhir.

Dalam tes tersebut, Avira Antivir dan Gdata Antivirus 2008 berada di peringkat tertinggi karena mampu mengidentifikasi 99 persen dari kumpulan virus tersebut. Sementara Avast, AVG Anti Malware dan BitDefender juga mencapai hasil yang ‘sangat memuaskan’.

Namun masalahnya, kebanyakan Antivirus gagal dalam tes berikutnya, yaitu mendeteksi keberadaan virus baru yang belum dikenali. Di awal 2007, rata-rata akurasi deteksi virus baru ini mencapai 40-50 persen. Namun dalam tes terbaru itu, akurasinya menurun hingga 20-30 persen. NOD32 dan BitDefender berada di peringkat atas dengan masing-masing 68 dan 41 persen akurasi deteksi.

Penurunan akurasi ini disinyalir karena pembuat virus makin profesional dalam usaha membobol pertahanan anti virus. Demikian seperti dikutip detikINET dari TheRegister, Rabu (26/12/2007). ( fyk / wsh )

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: