jump to navigation

Bila Seri, Peluang Persib Berat Desember 6, 2007

Posted by padalarang in Olahraga.
trackback

BANDUNG, (PR).-
Persib tidak boleh kalah lagi saat berhadapan dengan Persitara Jakarta Utara pada pertandingan Grup I Liga Djarum Indonesia XIII 2007 di Stadion Si Jalak Harupat Soreang, Kab. Bandung, Sabtu (1/12) pukul 18.30 WIB. Hasil seri, apalagi kalah, semakin menyulitkan langkah mereka untuk lolos ke babak “8 Besar”.

Juru bicara pelatih Persib Djadjang Nurdjaman mengakui, laga sore ini akan sangat menentukan nasib Persib di Liga Indonesia 2007. Namun, dia mengingatkan para pemainnya agar tidak terlalu memikirkan hasil akhir karena dikhawatirkan bisa menjadi beban mental.

“Paling penting, main lepas dulu. Jika bisa main bagus, peluang untuk menang lebih besar. Saya terus ingatkan pemain untuk bisa bermain lepas, dan berani memainkan bola-bola pendek,” ujar Djadjang seusai uji coba lapangan di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat (30/11).

Ia menegaskan, saat ini kondisi psikologis pemain terus membaik. Penilaian itu dilihat dari dua kali sesi latihan yang dijalani pemain. Mereka lebih tenang dan menjalankan instruksi pelatih dengan serius. Kondisi itu cukup menggembirakan karena diharapkan mereka bisa main sesuai dengan karakter permainan Persib yang diperlihatkan pada putaran pertama lalu.

“Kondisi pemain cukup baik. Tadi Anda bisa lihat, dalam latihan mereka begitu enjoy, tapi serius. Ya, saya sangat berharap suasana seperti ini bisa terjadi saat pertandingan nanti,” ujarnya.

Suwita Pata dkk. terus dimotivasi untuk mengembalikan kepercayaan diri mereka. Manajer H. Yossi Irianto pun melihat langsung latihan pagi, untuk membangkitkan semangat para pemain.

Yossi mengatakan, bermain di Si Jalak Harupat diharapkan bisa mengembalikan ingatan pemain saat berhadapan dengan klub Malaysia, Kuala Lumpur FA. Saat itu, Persib bermain lepas sehingga menang telak 5-0. “Pemain sudah mengenal kondisi lapangan dan mereka bisa menang besar lawan Kuala Lumpur. Saya ingin Persib bisa mengulangnya saat melawan Persitara,” ujarnya.

Pada laga sore ini, kabar gembira diterima kubu Persib. Soal kontrak pemain asing sudah tidak ada masalah lagi. Manajemen sudah bertemu dengan mereka, dan mereka menyatakan kesiapan membela Persib hingga kompetisi berakhir. Dengan demikian, Redouane Barkaoui, Lorenzo Cabanas, Patricio Jimenez, ataupun Leo Chitescu bisa tampil sore ini.

Curi gol

Manajer Persitara Drs. Hary Ruswanto mengatakan, timnya akan berusaha mencuri gol lebih awal untuk meruntuhkan semangat pemain Persib. Mencetak gol lebih cepat ini dilakukan Persitara saat melawan PSS Sleman pekan lalu. Mereka bisa unggul lebih dulu 3-0, sebelum skor akhir menjadi imbang 3-3.

“Prediksi saya, jika Persib kebobolan lebih awal, mental pemain Persib akan langsung down. Kalau Persitara menang, sudah disiapkan bonus dobel,” ujarnya.

Ia menjelaskan, adanya pergantian pelatih belum tentu bisa menolong Persib dari keterpurukan saat ini. Jika lima pelatih Persib ini bisa memotivasi pemain, mereka bisa bertambah baik. Sebaliknya, jika tidak, Persib tetap dalam kesulitan.

Pelatih Persitara Abdurahman Gurning menjelaskan, motivasi para pemain sangat tinggi. Terlebih, bisa meraih satu poin di Sleman, dan sebenarnya Persitara bisa meraup kemenangan jika tidak ada tendangan penalti kontroversial pada injury time.

“Kami juga sudah ingatkan kepada para pemain untuk mewaspadai Persib. Pergantian pelatih bisa membangkitkan motivasi mereka. Namun, kami juga tampil dengan kekuatan penuh,” ujarnya.

Ia juga akan menginstruksikan para pemainnya bermain rapat dan menekan untuk mengacaukan konsentrasi Suwita Pata dkk. Pemain Persib jangan sampai diberi keleluasan menguasai bola lebih lama, sehingga mereka tidak akan bisa mengembangkan permainan. (A-65)***

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: